Sistem Pembuangan Printer Epson (infus)


Artikel Sistem Pembuangan Printer Epson (infus) lanjutan dari posting artikel sebelumnya, bagi yang belum membaca silahkan klik Saluran Pembuangan Printer Infus

Memasang botol saluran pembuangan untuk printer Epson hukumnya wajib.

Printer Epson dilengkapi vacum untuk cleaner penyedot untuk membersihkan head. Kenapa wajib? karena printer Epson sering melakukan head cleaning:
- saat printer dihidupkan seringkali printer Epson melakukan head cleaning, padahal level tinta belum habis. Sekedar tips: jangan terlalu sering mematikan atau menghidupkan printer Epson, agar tidak banyak tinta yang tersedot terbuang. So.. kalau sering digunakan ya dihidupkan aja terus, atau kalau jarang digunakan ya dimatikan aja terus setelah printer selesai dipakai. Untuk printer yang dihidupkan terus lebih baik menambahkan stavolt untuk menjaga kestabilan tegangan printer sehingga elektronik printer bisa awet.
- saat tabung infus mengisi tinta CISS cartridge yang sudah kosong alias waktunya CISS cartridge perlu diisi.
- saat printer Epson melakukan head cleaning, banyak sekali tinta yang tersedot.

Untuk printer Epson biasanya hanya ada satu saluran pembuangan, karena mungkin menyesuaikan bentuk head Epson yang menyatu antara warna dan hitam, sehingga hanya ada 1 vakum untuk cleaner penyedot.

15 comments:

printer saya cannon ip2770. saya menggunakan infus untuk cartridge saya. yang menjadi masalah jika tinta warna tidak mau keluar, apa yang harus dilakukan? padahal tinta warna masih banyak.
mohon dijawab secepatnya

@maya
wah susah juga mbak klo tdk melihat scara langsung. klo d tisu bagai mana? bisa juga infusnya saluran tdk lancar, bisa juga catridnya sudah rusak.
atau lihat saja artikel2 sy yg lainnya
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-memperbaiki-cartridge-yang-rusak.html

saya sering mengalami eror tinta pembuangan atau sponn penuh dan sudah melakukan reset dengan cara 1. Matikan printer (kabel power masih tercolok), tekan dan tahan tombol STOP/RESET kemudian tekan tombol ON/OFF dan lepas STOP/RESET
2. Tahan tombol ON/OFF, tekan tombol STOP/RESET 2x
3. Lepaskan kedua tombol dan printer akan masuk ke SERVICE MODE (muncul angka NOL)
tapi kog tidak berjalan ya,,,,,,,, gimana solusinya ditu nngu informasinya pak

@maulana
merk printernya apa? klo canon untuk masuk save mode kok spetrtinya bukan itu caranya ya?

saya menggunakan printer epson t13 dengan sistem infus tampa chip, tintanya butterplay ? saynag ingin tanyakan apakah tintanya bisa di ganti dengan merek lain? kalo bisa bagai mana cara pengisiannya agar tidak terjadi compliks tinta.

terimkasih

@anon
bisa. kuras dulu tinta lama pada tabung, ciss, dan head. tinta pada ciss dan head bisa d kuras dengan cleaning head, namun usahakan saat cleaning head lakuakan 2x kemudian istirahat kurang lebih 5mnt agar head tdk trlalu panas.

mau nanyan gan .,
punya saya printer epson tpi saat dhidupkn head tidak brjalan alias tidak berfungsi gmna caranya gan

@anon
maaf bisa lebih detail pertanyaannya? susah jawabnya klo pertanyaannya sperti itu.

o iy mas mau tanya lg hehe...tak test head ctrg msh bgs pakek tisu tapi kalo buat ngeprint tu yg warna hitamnya agk putus2 gt, tp kalo settingannya tak high bs bgs,apapnya mas yg rusak??
trs setiap sy ngeprint tak high trs,pengaruh g ma ctrd or apa pengaruh berkepanjangannya.??
makasih

@virgie
head sudah lemah biasanya dah banyak untuk ngeprint.

mas saya punya epson t13 dan warna 'C' nya itu katanya kosong padahal cartridge isi full dan setiap baru dinyalakan headnya mojok di sisi kiri terus setelah sekian menit baru bergerak ke posisi stby dan blinking.

mohon bantuannya mas, terima kasih.

numpang tanya, printer teman saya epson t13 di infus. Tp stlh bbrp pemakaian wajar, indikator menunjukan tinta habis. Yg mau saya tanya, gmn cara me resume ato ignore warning tsb. Spt pada canon, dg cara menekan tombol resume 5 detik itu.
catatan, tinta infus penuh, selang normal, tinta di selang ga masuk angin, udah coba pencet resume 5 dtk n 30 dtk tp blm bisa. Mohon petunjuk

@team amnessia
pencet tombol pada ciss cartridge

Gan, kalau Canon iP2700 bisa pake pembuangannya enggak ya? Dan bagusnya itu pake pembuanga atau enggak sih, Gan? Trims

saya mau tanya, printer saya epson t20e versi infus, sewaktu head cleaning biasanya kan keluar tinta lewat selang pembuangan, kemudian masuk ke botol di luar printer, tetapi akhir-akhir ini sewaktu head cleaning, tinta tidak ada yang keluar lewat selang pembuangan setetes pun menuju ke botol, jadi botolnya masih kosong, tidak ada tinta yang masuk, saya pun jadi curiga, jangan-jangan tintanya mengendap di dalam casing, lalu saya pun membongkar casing, ternyata benar, cukup banyak tinta yang mengendap di dasar casing, lalu saya bersihkan tintanya pakai tisu sebisanya, lalu saya cek selang pembuangan bawaan asli printer (bukan yang perpanjangan/tambahan) yang tertancap ke printer, siapa tahu kendur, setelah saya tarik selang pembuangannya agak kuat, yang terjadi adalah selang pembuangannya malah lepas atau putus, jadi kalau sekiranya selang pembuangannya dikeluarkan dari printer, maka printer saya tidak memiliki selang pembuangan, tetapi selang pembuangannya saya biarkan saja di dalam casing printer, meskipun tidak berfungsi sebagai saluran pembuangan. lalu bagaimana cara memasang kembali selang pembuangan bawaan asli printer yang terlanjur terlepas dari tempat seharusnya tertancap, supaya normal kembali (tinta bisa keluar lewat selang pembuangan)? apakah caranya mudah atau tidak, pakai bongkar-bongkar onderdil printer apa tidak (selain casing)? tetapi kalau selang pembuangannya putus, berarti harus mengganti selang pembuangan yang baru, kira-kira berapa biayanya? mohon bantuannya. terima kasih.

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.